Monday 10 March 2014

Internet sebagai Teknologi penyokong Pendidikan Masa Depan

Dalam perkembangannya, Pendidikan terus berubah sangat signifikan sehingga perlu untuk merubah pola pikir pendidik ataupun peserta didik sesuai dengan perkembangan jaman. Individu yang ikut serta dalam dunia pendidikan baik pengajar maupun peserta didik harus mengerti perkembangan jaman yang seiring dengan perkembangan teknologi yang canggih. Teknologi yang canggih akan membantu kita dalam mengakses dunia pendidikan yang begitu luas.

Saya merasakan bantuan yang cukup besar dari perkembangan teknologi khususnya dalam dunia pendidikan. Dalam mencari bahan-bahan yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Kebetulan saya sedang membuat penelitian mengenai mind-mapping dan kemampuan mengingat. Di Indonesia, akan sulit didapat informasi mengenai mind map. Meskipun banyak buku populer yang terkenal membahas mengenai mind map. saya merasa buku-buku tersebut belum dapat memberikan informasi yang cukup untuk mendukung penelitian saya.

Apa yang saya lakukan?

Saya berusaha mencari literatur lain selain dari buku ataupun sumber cetak. Saya menggunakan teknologi yang berkembang saat ini. Internet sebagai salah satu media yang saya pergunakan. Saya dapat dengan mudah mencari tahu mengenai materi yang ingin saya cari. Misalnya saya ingin mencari mengenai Mind Mapping. Dengan mengetikan Kata " Mind Mapping" pada domain google.com akan muncul berbagai referensi yang dapat kita lihat. Kita juga tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari buku-buku di perpusatakan atau toko buku. Cukup dengan mencari kata kunci di Mesin pencari saja. 

Sebagai bukti nyata bagaimana internet membantu saya untuk mencari tau mengenai penelitian saya. berikut ada sebuah cuplikan gambar, bagaimana saya berinteraksi dengan salah satu sumber online yang membuat mengenai mind map. 

Nahh! Menarik Bukan ! :D

Saya melakukan interaksi dengan menggunakan media online seperti diatas sehingga saya mendapatkan informasi tambahan yang dapat saya gunakan sebagai sumber dalam penelitian saya. Saya sangat tertarik dengan tulisan yang terdapat pada suatu sumber online http://www.mindmeister.com/blog/2013/10/03/the-top-7-reasons-not-to-mind-map/ . Namun, cara yang saya dapat lakukan untuk berkomunikasi dengan penulis adalah melalui social networking seperti Facebook. 

Sebagai penutup dari saya, Sebuah kata bijak dari Einstein :


Teknologi tidak akan membuat dunia ini menghasilkan generasi yang idiot. Hal tersebut akan didukung dengan kita sebagai individu yang menggunakan teknologi dengan bijak sehingga generasi yang dihasilkan jauh dari kata idiot ataupun bodoh. Kata-kata Albert Einstein boleh dijadikan sebagai titik tolak untuk mencegah munculnya kesalahan dalam penggunaan teknologi. Oleh karena itu, Kita sebagai individu yang selalu belajar harusnya dapat menggunakan teknologi sebagai saranan untuk perkembangan ilmu pengetahuan khusunya dalam bidang pendidikan sehingga muncul generasi yang genius, Amin.

No comments:

Post a Comment